Buku Belajar Membaca Kelas 1 SD (PDF)

Buku Belajar Membaca Kelas 1 SD (PDF)

Buku belajar membaca kelas 1 SD agak jarang ditemukan di pasaran. Kebanyakan buku belajar membaca cenderung menjadikan anak usia TK sebagai target. Padahal, cukup banyak anak kelas 1 SD yang masih belum bisa membaca atau masih belum lancar membaca.

Secara umum, buku belajar membaca yang ada di pasaran, bisa dipakai oleh anak usia berapapun, namun anak usia SD dikejar oleh target pembelajaran di kelasnya yang sudah menuntut mereka bisa membaca. Oleh karena itu, banyak orang tua mencari model buku atau alat belajar yang dianggap lebih cepat dan efektif untuk membuat anak bisa membaca.

Secara prinsip, alat belajar membaca untuk anak kelas 1 SD dapat dibaca alternatifnya dalam artikel: Cara Mengajar Anak Membaca Umur 7 Tahun. Namun, khusus untuk alat belajar berupa buku, ada sedikit rumus yang bisa dipakai agar kegiatan belajar menjadi lebih efektif

Kriteria Buku Belajar Membaca Kelas 1 SD

Anak SD kelas 1 usinya sekitar 6-7 tahun. Menurut Jean Piaget, usia ini anak mulai memahami konsep-konsep yang lebih logis dibandingkan anak usia balita. Oleh karena itu, buku belajar membaca untuk anak kelas 1 SD bisa lebih sederhana, namun secara logika mudah dimengerti. Berikut kriterianya:

  1. Langsung berlatih membaca kata, namun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Jumlah kata dapat dimulai dari satu kata, dua kata, hingga tiga kata. Latihan membaca kata akan membuat anak-anak merasa betul-betul sedang membaca dan bukan sekadar belajar membaca.

    Sama halnya ketika anak-anak belajar memasak, misalnya. Jika pada usia balita mereka hanya diberi mainan masak-masakan, maka pada usia SD, anak sudah dapat ikut dilibatkan dengan proses memasak dalam bentuk sederhana. Keterlibatan anak-anak dalam kegiatan nyata itulah, yang biasanya akan memotivasi mereka untuk terus berlatih meningkatkan kemampuanyya.
  2. Teks latihan membaca berisi pengulangan kata, sehingga otak anak akan melakukan proses repetisi. Kita semua tahu, repetisi atau pengulangan, sangat efektif untuk menanamkan pemahaman. Buku yang cocok untuk kriteria ini adalah buku yang berdasarkan tema. Dengan tema yang khusus, isi buku dapat dirancang mengandung pengulangan kata. Contoh buku sejenis itu dapat dilihat di SINI.
  3. Tetap mengandung unsur entertainment atau menarik perhatian, karena usia 6-7 tahun, anak masih berada pada fase transisi dari balita menuju anak-anak yang lebih rasional. Mereka masih suka bermain dan menikmati permainan. Oleh sebab itu, buku belajar membaca untuk anak kelas 1 SD tetap perlu dirancang menarik secara visual.

Contoh Isi Buku Belajar Membaca Berdasarkan Tema

Berikut ini contoh halaman buku belajar membaca yang berbasiskan tema tertentu. Di dalamnya bisa dimuat repetisi atau pengulangan kata, namun tetap terasa sebagai sebuah bacaan betulan bagi anak, karena setiap kata diletakkan per halaman.

Jika Anda membutuhkan buku belajar membaca untuk anak kelas 1 SD dalam format PDF, silakan kunjungi TOKO EBOOK BELAJAR MEMBACA. File buku dapat diunduh setelah Anda melakukan konfirmasi transfer. Dan Anda dapat mencetaknya dengan printer untuk digunakan di rumah sebagai bahan ajar anak-anak.



Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *