Buku Cerita untuk Anak 1 Tahun

Buku Cerita untuk Anak 1 Tahun

Orang tua sudah bisa membacakan buku kepada anaknya yang berusia satu tahun. Wah, kok bisa? Ya, tentu saja bisa dan hal itu memiliki argumentasi. Membacakan buku cerita kepada anak sudah bisa dilakukan bahkan sejak anak baru lahir. Indera pendengaran diyakini sudah aktif lebih awal dibandingkan indra penglihatan, bahkan sejak anak masih dalam kandungan. Dengan kemampuan mendengar itulah bayi mendapat manfaat dari kegiatan orang tua membacakan buku. Ia bisa mengumpulkan banyak perbendaharaan bunyi, irama, intonasi, dan tentu saja kosa kata dari mendengarkan orang dewasa membaca. Dan usia satu tahun sangat tepat bagi anak untuk mulai benar-benar terlibat dalam kegiatan membaca, tentunya dengan bantuan orang dewasa.

Lalu, buku seperti apa yang cocok untuk anak usia tahun? Secara umum, buku bacaan dapat dikelompokkan menjadi dua genre, yaitu buku fiksi/cerita dan buku nonfiksi (non cerita). Anak usia satu tahun dapat mulai dikenalkan dengan kedua genre ini. Kriterianya dapat diuraikan di bawah ini.

Ragam Pilihan Buku Bacaan Anak Usia 1 Tahun

  1. Buku cerita bergambar yang jumlah halamannya pendek, sekitar 8-12 halaman, dan kalimatnya juga pendek-pendek. Isinya berupa rangkaian cerita sederhana dengan alur yang mudah dipahami.
  2. Buku yang menyampaikan pengetahuan tentang benda-benda, buah-buahan, kegiatan sehari-hari, warna, dan pengenalan emosi.
  3. Buku bergambar tanpa teks yang alurnya dapat diceritakan oleh orang tua. Biasanya, buku seperti ini berbentuk “board book” atau juga buku berbahan kain, yang bisa diamati sendiri dan dibolak-balik oleh anak.

Hal yang perlu ditekankan dalam memilih bacaan anak usia tahun adalah unsur visual yang dominan. Hal tersebut dapat merangsang imajinasi mereka dan bukan untuk tujuan agar mereka bisa membaca pada usia ini.

Jangan Mudah Kapok

Berdasarkan sebuah teori, daya tahan anak dalam berkonsentrasi penuh menyimak apapun, berlangsung berdasarkan hitungan rumus 1 menit x usia anak. Jadi, jika anak kita masih berumur satu tahun, maka daya tahan rata-rata mereka untuk menyimak secara penuh adalah 1 menit. Oleh karena itu, jangan kapok membacakan buku kepada anak usia satu tahun jika mereka cepat beranjak untuk main lagi setelah sekitar satu menit kita mengajaknya melihat buku. Lakukan kegiatan satu menit itu setiap hari, maka dengan rutinitas tersebut, durasi waktu anak menyimak akan terus bertambah seiring waktu.

Kabar baiknya, dengan rajin membacakan buku kepada anak, daya tahan anak berkonsentrasi dapat berambah tidak hanya dalam hal membaca buku. Kebiasaan menyimak lebih lama akan terbentuk terhadap kegiatan belajar dan hal lainnya yang membutuhkan konsentrasi.

Nah, sudah terbayang, kan, seperti apa buku bacaan untuk anak usia satu tahun? Selamat berburu buku!

Buku bacaan sederhana (PDF) untuk anak berlatih membaca dan menambah kosakata



Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *